Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang

Kolom»Techno»Tips Terhindar dari Pembajakan Akun Facebook

Tips Terhindar dari Pembajakan Akun Facebook

Pengguna Facebook yang semakin hari semakin bertambah membuat semakin besar saja website milik Mark Zuckerberg ini, di Indonesia saja penggunanya sudah menjacapai lebih dari 35 juta orang sehingga menempatkan Indonesia sebaga

Selasa, 05 Februari 2013

Pengguna Facebook yang semakin hari semakin bertambah membuat semakin besar saja website milik Mark Zuckerberg ini, di Indonesia saja penggunanya sudah menjacapai lebih dari 35 juta orang sehingga menempatkan Indonesia sebagai pengguna Facebook terbanyak kedua setelah Amerika Serikat. Pengguna Facebook Indonesia diisi oleh beragam usia dan tingkat pendidikan, sehingga sangat rentan terjadi pembajakan, pencurian account Facebook itu sendiri yang berimplikasi pada keamanan data dan privacy pemilik account. Berikut Beberapa tips yang bisa digunakan untuk mencegah pencurian dan pembajakan account Facebook kita .

Pertama, pastikan username dan password yang kita gunakan benar-benar aman, jika kita terpaksa harus menggunakan email utama yang biasa kita gunakan untuk mendaftar di Facebook, gunakanlah password yang aman, tidak mudah ditebak oleh orang lain. Disarankan untuk menggunakan kombinasi huruf dan angka, akan lebih bagus jika dikombinasikan dengan simbol yang ada. Akan lebih baik jika kita melakukan perubahan password secara berkala.

Kedua, ketika kita akan login Facebook menggunakan browser di computer, pastikan URL atau alamat Facebooknya benar, jangan sampai kita terjebak dalam situs tiposite. Tiposite merupakan sebuah situs palsu yang tampilannya dibuat seolah-olah seperti Facebook. Modus tiposite biasanya meminta user untuk login terlebih dahulu, dengan begitu username dan password bisa disimpan dalam database tiposite, setelah login baru tiposite akan mengarahkan user ke Facebook aslinya sehingga kita sebagai korban tidak menyadari bahwa account Facebook kita telah dicuri. Cara mudah untuk membedakan mana situs asli dan palsu hanya dilihat dari URL-nya saja. Pastikan alamatnya adalah facebook.com dengan diawali protocol https yang digunakan untuk mengenkrispi saat pengiriman data.

Ketiga, banyaknya aplikasi dan game yang menarik di Facebook membuat kita lupa bahwa semua itu bukan buatan Facebook, melainkan oleh pihak ketiga. Oleh karena itu kita harus lebih selektif memilih aplikasi atau game apa yang akan kita ikuti, quiz-quiz yang menarik, aplikasi yang lucu-lucu membuat lupa kita bahwa kita akan memberikan data dan informasi kita kepada pembuat aplikasi tersebut. Hal lain yang harus kita hindari adalah mengklik URL aneh yang dikirimkan teman-teman kita melewati chating ataupun message. Bisa jadi account Facebook teman kita telah dibajak dan mencoba untuk membajak juga account milik kita.

Keempat, Jika kita menggunakan Facebook diluar computer pribadi seperti diwarnet, internet corner pastikan bahwa computer yang kita gunakan aman, aman tidaknya sebenernya cukup sulit untuk dilihat secara kasat mata, namun demikian kita bisa berinternet di warnet langganan kita atapun tempat yang biasa kita gunakan. Setelah menggunakan Facebook, jangan lupa untuk melogout dan keluar dari Facebook, akan sangat bermanfaat lagi jika kita membersihakan private data yang sebelumnya tersimpan dikomputer, seperti yang bisa kita lakukakan saat menggunakan Mozilla firefox, kita tinggal pilih menu tools kemudian clear private data, dengan demikian orang setelah kita tidak akan melihat log account yang pernah kita gunakan.

Kelima, keamanan email sangat berkaitan erat dengan keamanan facebook kita, oleh karena itu penggunaan email juga harus benar-benar aman. Ketika email kita terbajak maka akan sangat mudah untuk membajak account facebook kita, semisal dengan mereset password kemudian login. Namun, ketika facebook kita terbajak bisa jadi email kita masih aman dan kita bisa mereset ulang password jika pembajak tidak merubahnya.

Keenam, biasanya facebook yang kita gunakan tidak hanya dari computer kita saja, bisa juga dari gadget yang kita gunakan. Jika suatu saat gadget kita hilang, segeralah untuk merubah informasi account facebook kita dan email kita sehingga walaupun gadget kita sirna tetapi email dan facebook kita tetap aman.

Ketujuh, luangkan waktu untuk membaca -baca berita tentang perkembangan teknologi ataupun menonton tayangan yang membahas tentang teknologi, khususnya yang berhubungan dengan facebook dan keamanannya, dengan begitu kita akan selalu updates dengan informasi yang terbaru agar bisa kita implementasikan untuk menjaga dan mengamankan facebook kita.

Jika account facebook kita terbajak, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengamankan email kita, barangkali masih bisa digunakan, selanjutnya adalah dengan melaporkan kepada facebook dengan mengunjungi dan mengisi form di http://www.facebook.com/help dan yang terakhir tidak ada salahnya kita meminta bantuan teman kita yang kita percaya dan mempunyai kemampuan teknis untuk mengembalikan account facebook kita sehingga kita tetap bisa berfacebook ria dengan aman.

@adisumaryadi, Penulis adalah praktisi Pemerhati dan Praktisi Internet dan IT

comments powered by Disqus

Kisah Abu Bakar Ash-Shiddiiq

Nama lengkap beliau adalah Abdullah bin Utsman bin Amir bin Amru bin Ka`ab bin Sa`ad bin Taim bin Murrah bin Ka`ab bin Lu`ai bin Ghalib bin Fihr al-Qurasy at-Taimi - radhiyallahu`anhu. Bertemu nasabnya dengan Nabi pada kakekn

connect with abatasa