Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang

Kolom»Techno»Internet Effect, Mendulang Popularitas Melaui Internet

Internet Effect, Mendulang Popularitas Melaui Internet

Menjadi terkenal bagi sebagian orang memang teramat sulit, bahkan ada yang berjuang bertahun-tahun untuk sampai dikenal banyak orang, namun akhir-akhir ini banyak pemberitaan yang memberikan gambaran ada pula yang begitu muda

Selasa, 05 Februari 2013

Menjadi terkenal bagi sebagian orang memang teramat sulit, bahkan ada yang berjuang bertahun-tahun untuk sampai dikenal banyak orang, namun akhir-akhir ini banyak pemberitaan yang memberikan gambaran ada pula yang begitu mudah dikenal orang, tidak hanya dalam satu kota namun bisa seluruh Indonesia. Salah satu yang membuat seseorang itu terkenal adalah adanya Internet Effect atau efek dari keberadaan internet.

Internet Effect terjadi karena pengguna internet di Indonesia semakin hari semakin bertambah, selain itu peran social media yang ada semakin memudahkan orang untuk mendulang popularitas dalam waktu kurang dari satu minggu. Pemberitaan yang masih hangat ditelinga kita adalah bagaimana secara cepat Briptu Norman, seorang anggota kepolisian dari Gorontalo dikenal banyak orang. Briptu Norman menjadi dikenal banyak orang setelah video lipsing sebuah lagu india diunggah ke Youtube. Kedahsyatan jejaring social membuat video ini banyak yang melihat hingga sampailah kabar ini ke media Televisi yang membuat semakin terkenalnya Briptu Norman.

 

Popularitas yang sama juga didapatkan oleh Shinta dan Jojo, dua mahasiswa asal Bandung yang mengunggah video lipsing sebuah lagu dangdut ke youtube yang disambut dengan banyaknya posting-an tentang keduanya di situs forum Kaskus dan berujung jadinya Shinta dan Jojo selebriti yang menghiasi media televisi. Kejadian serupa tidak hanya terjadi di dunia entertainment saja ternyata, pemberitaan anak kecil pengembang social network asal bandung, anak kecil pembuat antivirus asal Bandungpun ikut mendapatkan berkah dari adanya Internet Effect.

 

Internet Effect sendiri pernah menjadi salah satu andalan beberapa kandidat politik dalam berkampanye, seperti yang dilakukan oleh Presiden Amerika Serikat saat ini, Obama. Obama memanfaatkan berantai dari internet dalam menjaring calon pemilihnya. Peristiwa lain yang pernah terjadi di Indonesia adalah saat kasus Prita Mulyasari dengan salah satu rumah sakit merebak di kalangan pengguna Facebook, hal sama juga terjadi ketika terjadi kasus Bibit Candra, ribuan pendukung keduanya membuat semakin terasa bagaimana kedahsyatan Internet.


Waspadai Sisi Negatifnya

Pengguna internet Indonesia yang ditaksir melampaui 50 juta orang membuat pemberitaan yang unik di internet akan cepat beredar luas. Beberapa kasus diatas memang bisa digolongkan kedalam peristiwa positif walaupun masih menjadi pro dan kontra. Selain memberikan effect Positif, internet juga memberikan effect negative yang harus diwaspadai. Ketika diantara kita melakukan kegiatan negative di internet dan membuat orang tertarik untuk mengetahuinya maka pertanda buruk akan terjadi dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, seminimal mungkin untuk tidak mengupload content-content yang negative yang dapat merusak diri kita sendiri. Beberapa kasus membuktikan bagaimana internet dapat membuat orang masuk penjara dan dikucilkan dari masyarakat gara-gara video dan foto tak senonohnya muncul di internet.


Penyebaran informasi yang sangat cepat ini juga banyak dimanfaatkan hacker untuk menjalankan aksinya, tidak sedikit informasi yang menyebar dibumbui dengan malware yang dapat membahayakan computer kita. Tidak sedikit computer yang menjadi korban, mulai dari system yang error hingga kehilangan data akibat mudahnya seseorang dipandu untuk mengklik URL tipuan yang seolah-olah informasi penting yang tersebar secara cepat.

 

Manfaatkan Sisi Positif Internet Effect

Jika kita mempunyai bisnis ataupun usaha, ataupun memiliki sesuatu yang dirasa perlu untuk diperkenalkan kepada orang banyak, sekarang adalah saat yang tepat untuk memanfaatkan internet untuk mendongkrak promosi kita.


Hal yang bisa dilakukan dalam memanfaatkan internet effect dari sisi positifnya adalah dengan menggunakan internet sebagai media promosi, iklan online yang bisa jadi kita tidak harus banyar melainkan memanfaatkan efek berantai dari penyebaran informasi itu. Cara yang mudah ditempuh adalah dengan memanfaatkan situs-situs yang memiliki komunitas yang besar sehingga internet effect akan sangat terasa seperti Facebook, Twitter, Youtube dan yang lainnya. Kita juga bisa memanfaatkan media local seperti Kaskus dan media lain yang memiliki member ratusan ribu hingga jutaan, dengan cara membuat sesuatu yang unik, lucu, mengundang penasaran orang lain maka informasi yang ingin kita sampaikan akan menyebar dengan sendirinya.

@adisumaryadi, Penulis adalah praktisi Pemerhati dan Praktisi Internet dan IT

comments powered by Disqus

Cantik Dalam Pandangan Islam

Wanita tercantik adalah wanita yang memiliki tubuh ramping, pinggang kecil, betis membujur, rambut panjang dan pirang, kulit putih, bibir kecil dan penuh, hidung mancung, dan mata berbinar. Itulah yang ada dalam fikiran wanit

connect with abatasa