Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang

Kolom»Parenting»Anak-Anak Penyayang

Anak-Anak Penyayang

Kelas anak saya mengadakan perjalanan lapangan ke Holocoust Memorial di Boston. Dengan air mata bercucuran, Elizabeth menceritakan pengalamannya, "Itu adalah hari yang paling berat dan menyedihkan dalam hidupku.

Sabtu, 12 November 2011

Kelas anak saya mengadakan perjalanan lapangan ke Holocoust Memorial di Boston. Dengan air mata bercucuran, Elizabeth menceritakan pengalamannya, "Itu adalah hari yang paling berat dan menyedihkan dalam hidupku. Membaca kata-kata itu, melihat nomor orang-orang yang dipahat di atas kaca, berada di sana saja rasanya seperti benar-benar nyata." Selanjutnya dia mengatakan bahwa dia menemukan sebuah batu dan dengan lembut meletakkannya di bagian bawah tulisan itu sebagai cara untuk menghormati mereka yang sudah meninggal.

Anak-anak mudah tersentuh perasaannya dan sangat penyayang. Sedihnya, sering justru kita, orangtua mereka, yang dengan perlahan-lahan mendorong mereka membuang sifat-sifat tersebut. "Itu kan cuma cerita," hibur kita, atau, "jangan menangis, kejadiannya kan sudah lama sekali." Padahal, rasa empati mereka yang kuat dapat mengubah dunia.

Apa yang menjadi kepedulian anak-anak Anda? Apa yang menyentuh hati Anda? Mendidik anak penyayang bukan berarti kita harus menjejalkan "perbuatan-perbuatan baik" ke dalam jadwal yang sudah sangat padat. Bukalah kesadaran Anda minggu ini ke dunia di sekeliling Anda dan rasakanlah kesadaran itu bersama dengan anak Anda. "Es krim pemuda cilik itu jatuh ke tanah. Dia pasti kecewa sekali. Bagaimana perasaanmu?" Dan bersama anak Anda yang sudah lebih besar, "Hati Ibu sedih sekali ketika membaca cerita penderitaan di dunia. Inilah alamat yang kita dapat mengirimkan pakaian untuk anak-anak. Ada ide bagaimana kita bisa mengumpulkan lebih banyak daripada hanya pakaian kita?"

 
Disadur dari buku SQ untuk Ibu, Penulis: Mimi Doe, Penerbit KAIFA

comments powered by Disqus

Tenang Dalam Setiap Sikap

Saudaraku yang baik, ketenangan menjadi sesuatu yang dibutuhkan setiap orang. Terutama ketika sedang menghadapi masalah atau saat hendak mengambil keputusan. Orang yang tenang tidak pernah galau, panik tergesa-gesa, tidak emosional, tidak overacting. Orang

connect with abatasa