Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang

Kolom»Parenting»Memahami tes IQ

Memahami tes IQ

Ketika melihat hasil tes IQ anak, mungkin Anda tak sepenuhnya memahami angka-angka yang tertera. Angka-angka tes IQ memang bukan hanya satu angka besar, tetapi biasanya dibagi ke dalam beberapa bagian. Ini dia: ...

Senin, 25 Mei 2009

Isi tes IQ

Ketika melihat hasil tes IQ anak, mungkin Anda tak sepenuhnya memahami angka-angka yang tertera. Angka-angka tes IQ memang bukan hanya satu angka besar, tetapi biasanya dibagi ke dalam beberapa bagian. Ini dia:

IQ: Tingkat kecerdasan secara umum.

IQ Verbal: Kemampuan anak dalam memahami dan menggunakan bahasa. Misalnya, banyaknya kosa kata yang dia pahami.

IQ Performance: Kemampuannya dalam memahami dan memecahkan masalah sehari-hari, yang tidak terlalu berhubungan dengan bahasa. Misalnya, bagaimana dia mengerti bentuk-bentuk geometris yang jadi dasar dari memahami bentuk huruf dan mengerjakan persoalan fisika matematika kelak.

Daya tangkap: Seberapa cepat ia menangkap dan mempelajari hal baru.

Daya ingat: Kemampuannya untuk mengingat hal-hal yang sudah pernah dikenali atau dipelajari.

Konsentrasi: Kemampuan untuk mempertahankan perhatian ketika sedang mengerjakan sesuatu, seberapa lama ia betah dan bisa berpikir.

Pengetahuan umum: Seberapa luas wawasannya, seberapa banyak informasi yang bisa ia serap dari lingkungan. Misalnya: ketika ia membaca majalah, seberapa banyak yang bisa ia ingat setelahnya.

Pengertian angka: Kemampuannya dalam berhitung, baik ketika melakukan perhitungan angka ataupun untuk mengerti rumus yang digunakan dalam suatu soal cerita.

Kemampuan psikomotorik: Keluwesannya dalam menggunakan tangan, kaki dan jari-jemarinya untuk membentuk atau mengubah suatu benda.

Kalaupun Anda cemas dan ingin membantunya menjalankan tes IQ, bukan berarti Anda harus mencarikan jenis-jenis soal tes IQ. Sebaiknya, bantulah ia memahami dan meningkatkan keterampilan dan kemampuan di atas. Dengan begitu, apapun bentuk dan soal tesnya, ia akan berhasil melewatinya dengan baik. - ASA

comments powered by Disqus

Ciri-ciri Ahli Ma`rifat

Hati ini diciptakan Allah untuk menjadi tempat kebahagiaan hakiki. Karena itu hati harus selalu dekat dengan Allah. Bila hati sudah terisi dunia, Allah tidak mau mengisinya. Begitu pun cinta kepada manusia,

connect with abatasa