Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang

Kolom»Nasehat»Syarat kesuksesan

Syarat kesuksesan

Setiap orang mendambakan kesuksesan dalam hidupnya. Namun, tidak semua orang dapat mencapainya; ada orang yang sukses dan ada orang yang gagal. Ternyata, ada satu faktor penting yang menjadi penentu kesuksesan dan kegagalan seseorang. Faktor itu ...

Senin, 15 Januari 2007

Setiap orang mendambakan kesuksesan dalam hidupnya. Namun, tidak semua orang dapat mencapainya; ada orang yang sukses dan ada orang yang gagal. Ternyata, ada satu faktor penting yang menjadi penentu kesuksesan dan kegagalan seseorang. Faktor  itu adalah keberanian.

Keberanianlah yang membuat orang berhasil dalam hidupnya dan ketiadaannya berarti kegagalan. Ada lima jenis keberanian yang harus kita miliki jika kita mendambakan kesuksesan dalam hidup.

Pertama, Berani bercita-cita. Inilah yang membedakan antara orang sukses dan orang gagal. Orang sukses mempunyai cita-cita yang tinggi, harapan akan masa depan yang lebih baik.

Sementara, orang-orang yang gagal hanya memiliki cita-cita yang kerdil, bahkan mungkin tidak memilikinya sama sekali. Mereka tidak tahu akan gambaran masa depannya.

Keberanian untuk bercita-cita ini setidaknya akan memacu ikhtiar dan pola hdup yang yang terencana dan teratur.

Kedua berani memulai. Perjalanan ribuan kilometer dimulai dari satu langkah awal. Ini sangat penting, karena banyak orang yang memiliki cita-cita tinggi, namun tidak memiliki keberanian untuk memulai.

Ibaratnya, kita ingin menjadi seorang sarjana, namun tidak pernah berusaha untuk belajar, ikut UMPTN dan memilih jurusan yang diminati. Tanpa keberanian untuk memulai, cita-cita hanya akan menjadi sekedar angan-angan kosong belaka.

Ketiga, Berani Berproses. Tidak ada kesuksesan yang datang dalam sekejap mata. Adalah sunatullah bahwa segala sesuatu di dunia ini tumbuh seiring dengan berjalanya waktu.

Pohon jati yang menjulang tinggi ke angkasa, pada awalnya hanyalah sebuah pohon kecil. Seiring  dengan berjalanya waktu, ia tumbuh membesar dan kokoh. Jadi,  jangan pernah bermimpi untuk dapat meraih kesuksesan dalam sekejap mata.

Keempat, Berani Berkorban. Tidak ada kesuksesan tanpa pengorbanan. Keberhasilan yang kita raih akan berbanding lurus dengan pengorbanan yang kita berikan. Allah SWT memberikan kita salah satu tamsil dengan pengorbanan yaitu ikan Salmon.

Ikan salmon harus menempuh perjalanan ribuan mil hanya untuk kembali ke tempat kelahirannya, bertelur dan kemudian mati demi melestarikan habiatnya. Lalu apa yang telah kita korbankan untuk mewujudkan impian dan cita-cita kita?

Kelima, Berani Evaluasi diri. Setiap kesuksesan yang kita raih harus menjadi alat bagi kita untuk menjadi hamba Allah yang pandai bersyukur. Rajin-rajinlah kita merenung, mengevaluasi diri dan bertanya kepada isteri atau teman dekat kita tetang sikap dan perilaku kita, agar keberhasilan yang kita raih itu tidak menjadikan kita menjadi seorang yang sombong dan angkuh.

Semoga Allah SWT menganugerahkan kepada kita keberanian agar kita dapat senantiasa meraih kesuksesan dalam hidup ini. Amin.  

comments powered by Disqus

Cantik Dalam Pandangan Islam

Wanita tercantik adalah wanita yang memiliki tubuh ramping, pinggang kecil, betis membujur, rambut panjang dan pirang, kulit putih, bibir kecil dan penuh, hidung mancung, dan mata berbinar. Itulah yang ada dalam fikiran wanit

connect with abatasa