Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang

Kolom»Nasehat»Meredam Kemarahan

Meredam Kemarahan

Ternyata bila kita telaah penyebab pertengkaran adalah karena kita belum terbiasa menyikapi perbedaan dengan tepat.

Senin, 22 Agustus 2005

Saudaraku yang baik, pertengkaran bisa terjadi mana kala setiap orang membenarkan pendapatnya. Ternyata bila kita telaah penyebab pertengkaran adalah karena kita belum terbiasa menyikapi perbedaan dengan tepat. Akibatnya setiap orang lebih sibuk membela pendapatnya sendiri. Setidaknya ada empat hal yang harus dilakukan untuk menyelesaikan pertengkaran tersebut. Pertama, kita harus belajar bijak terhadap kelebihan dan kekurangan orang lain, tidak setiap orang berbuat salah. 

Ada yang salah karena dia tidak tahu itu salah, ada yang tahu itu salah tapi belum sanggup menghindar. Kedua, kita harus senang mengingat kebaikan dan berani mengakui kelebihan orang lain. Semakin banyak kebaikan yang kita pikirkan Insya Allah akan membuat hati ini semakin lunak. 

Ketiga, kita harus mulai melupakan jasa dan kebaikan diri, maka lupakanlah keinginan untuk dipuji, dihormati, atau merasa diri paling berjasa. Sadarilah pujian manusia itu kecil nilainya. Tetapi pujian Allahlah yang kekal dan mulia di dunia serta akhirat.

Keempat marilah kita sibuk melihat kekurangan diri sendiri sebelum melihat kekurangan orang lain. Oleh karena itu, sehebat apapun perkataan kita, tidak akan ada harganya kalau kita tidak memperbaiki diri. Semoga hari demi hari yang kita lewati menjadi awal menuju perbaikan diri. Wallahu a`lam bish shawab

comments powered by Disqus

Sembilan Langkah Supaya Anak Mau makan

Bukan itu saja. Ketika disuapi, anak bertingkah macam- macam. Ia lari ke sana ke mari, dan menangis jika dipaksa duduk. Jika pun mau makan, makanan tersebut tak dikunyah segera, tetapi diemut dulu.

connect with abatasa