Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang

Kolom»Nasehat»Keutamaan Menuntut Ilmu

Keutamaan Menuntut Ilmu

Bahkan setelah meninggal dunia pun, pahala dari ilmu yang bermanfaat akan terus mengalir kepada empunya.

Kamis, 11 Agustus 2005

Saudaraku yang budiman, dalam Al Quraan Surat Al Mujadilah/58 ayat 11, Allah telah mengisyaratkan bahwa manusia dapat meraih derajat mulia di sisi-Nya, yaitu dengan ilmu. Kebahagiaan hidup di dunia maupun akhirat. Di dunia ia akan selamat, mampu bersikap bijak atas segala hal yang terjadi, selain itu ilmu yang didapatnya, mampu ia kembangkan secara optimal dan dapat diamalkan untuk ummat.

Bahkan setelah meninggal dunia pun, pahala dari ilmu yang bermanfaat akan terus mengalir kepada empunya. Sehingga ilmu tidak bermanfaat bagi dirinya sendiri, namun akan menjadi jalan barokah dan menjadi manfaat bagi orang-orang sekitarnya. Semestinya mulai saat ini kita berupaya bersungguh-sungguh belajar mencintai ilmu. Segala sesuatu yang kita lihat, dengar atau simak haruslah bertambah wawasan, pemahaman, dan pengalaman kita . Buatlah program belajar yang akan membuat kita sistematis dan teratur dalam belajar. Dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja, harus menjadikan kita selalu mendapatkan ilmu baru.

Memang terkadang kita pun memerlukan materi, untuk proses itu, misalnya untuk kursus membeli buku, kulian, namun jangan dijadikan sebuah hambatan, justru sarana itu adalah investasi kita. Suatu saat ilmu yang kita milki pasti bermanfaat, dalam kondisi tertentu, misalnya. Lagi pula banyak orang yang dengan keterbatasannya, mampu meraih ilmu. Dan, untuk melakukan semuanya itu, kuncinya hanya satu yaitu sungguh-sungguh, bertekad kuat, mencari ilmu yang manfaat.

Segala keterbatasan fisik, materi dan teknis tidak akan menggoyahkan semangat orang yang berusaha keras menuntut ilmu, bahkan sebuah motivasi untuk lebih semangat mencari ilmu, apalagi setelah itu, ia mampu mengamalkan setiap ilmunya kepada ummat, juga disertai keikhlasan, Subhanallah, orang seperti ini pastilah akan memperoleh kedudukan yang mulia yang dijanjikan Allah. Mudah-mudahan Allah senantiasa memberi kekuatan kepada diri kita agar terus bersemangat belajar, mencari ilmu, mengamalkanya dengan ikhlas. Amiin. Wallahu a`lam

comments powered by Disqus

Rendah Hati, Bukan Rendah Diri

Rendah hati artinya sifat bijak yang melekat pada sesorang, memposisikan dirinya dengan orang lain sama, merasa tidak lebih baik, tidak lebih mahir,tidak lebih pintar, tidak juga lebih mulia.

connect with abatasa