Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang

Kolom»Motivation»Membangun Karakter Sukses

Membangun Karakter Sukses

Memang tampak bahwa masalah mental jadi hal yang perlu dibenahi segera kalau mau jadi juara lagi. Lihat saja, dari empat negara yang pernah berlaga di final (China - 9 kali, Indonesia - 7 kali, Korea Selatan - 6 kali, dan Denmark - 2 kali) kelihatan kalau Indonesia ""bermasalah"" dengan mental para pemainnya.

Senin, 30 Mei 2011

Kita baru saja menyaksikan tim bulutangkis Indonesia yang telah berjuang maksimal di Piala Sudirman namun harus mengakui keunggulan Denmark pada babak semifinal; kalah 1-3 pada Sabtu (28/5). Mimpi juara untuk yang kedua kalinya pun pupus. Gelar juara tahun ini kembali diraih tim China.


Sejak digelar tahun 1989 memang baru ada tiga negara yang bisa juara, masing-masing adalah China 8 kali juara, Korea Selatan 3 kali dan Indonesia sekali. Indonesia jadi juara pada pegelaran pertama tahun 1989.Sejak itu, meski gagasan kejuaraan ini dari Indonesia sebagai penghormatan pada tokoh bulutangkis nasional Dick Sudirman, pendiri Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Indonesia selalu gagal dalam percobaan meraih juara. Padahal Indonesia bisa masuk final sebanyak 7 kali.

Memang tampak bahwa masalah mental jadi hal yang perlu dibenahi segera kalau mau jadi juara lagi. Lihat saja, dari empat negara yang pernah berlaga di final (China - 9 kali, Indonesia - 7 kali, Korea Selatan - 6 kali, dan Denmark - 2 kali) kelihatan kalau Indonesia "bermasalah" dengan mental para pemainnya. Dari tujuh kali final Indonesia hanya sekali juara, itu pun ketika dilaksanakan di Jakarta. Bandingkan dengan China yang hanya gagal sekali di final (8 : 9), atau Korea Selatan yang gagal tiga kali (3 : 6). Dari statistik itu juga tampak, setiap kali berhadapan dengan China, Indonesia selalu kalah.

Sahabat yang Luar Biasa!

Pagi tadi dalam talkshow rutin di Radio Sonora, saya membawakan tema penting untuk memperbaiki mental ini yaitu "Membangun Karakter Sukses"!Saya mengilustrasikannya dalam cerita "Kebiasaan yang Diulang".

Kebiasaan yang terus diulang akan melahirkan keahlian. Hasil dari kebiasaan yang terlatih dapat membuat sesuatu yang sulit menjadi mudah dan apa yang tidak mungkin menjadi mungkin.

Apakah kita bisa juara lagi? Saya katakan, pasti bisa!Tetapi kita harus mengubah mental seperti sulitnya mengalahkan China menjadi pasti bisa mengalahkan mereka. Tekad ini perlu kita sadari.

Untuk mencapainya, dimulai dengan membangun karakter sukses melalui kebiasaan-kebiasaan seperti berpikir positif, antusias, optimis, disiplin, integritas, tanggung jawab, dan lain sebagainya. Kebiasaan ini juga tak hanya untuk meraih keberhasilan di bidang olahraga tetapi juga untuk meraih sukses di bidang kehidupan lain. Oleh karena itu, mari kita mulai membangun kebiasaan positif itu dari sekarang.

Salam sukses luar biasa!

comments powered by Disqus

Kumpulan Hadits tentang Keluarga

Lelaki tua itu menjawab: "Tanyakan saja kepadanya, ya Rasulullah, bukankah saya menafkahkan uang itu untuk beberapa orang ammati (saudara ayahnya)

connect with abatasa