Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang

Kolom»Mas Amri»Laskar Pelangi Bag. 1

Laskar Pelangi Bag. 1

Tokoh ‘aku’ dalam cerita ini. Ikal yang selalu menjadi peringkat kedua memiliki teman sebangku bernama Lintang, yang merupakan anak terpintar dalam Laskar Pelangi. Ia berminat pada sastra, terlihat dari kesehariannya yang senang menulis puisi. Ia menyukai A Ling, sepupu dari A Kiong, yang ditemuinya pertama kali di sebuah toko kelontong...

Kamis, 15 Januari 2009

Kalau temen-temen pernah membaca Novel Laskar pelang dan kemudian dilanjutkan dengan Novel sang pemimpi dan Endesor, maka secara garis besar tokoh laskar pelangi hasil modifikasi dari: http://id.wikipedia.org/wiki/Laskar_Pelangi sebagai berikut:

 

 

Ikal-Andrea Hirata

Tokoh ‘aku’ dalam cerita ini. Ikal yang selalu menjadi peringkat kedua memiliki teman sebangku bernama Lintang, yang merupakan anak terpintar dalam Laskar Pelangi. Ia berminat pada sastra, terlihat dari kesehariannya yang senang menulis puisi. Ia menyukai A Ling, sepupu dari A Kiong, yang ditemuinya pertama kali di sebuah toko kelontong bernama Toko Sinar Harapan. Pada akhirnya hubungan mereka berdua terpaksa berakhir oleh jarak akibat kepergian A Ling ke Jakarta untuk menemani bibinya. Kelihatannya Aling salah satu inspirasi Ikal untuk pergi ke Endesor.

Lintang  

Teman sebangku Ikal yang luar biasa jenius. Ayahnya bekerja sebagai nelayan miskin yang tidak memiliki perahu dan harus menanggung kehidupan 14 jiwa anggota keluarga. Lintang telah menunjukkan minat besar untuk bersekolah semenjak hari pertama berada di sekolah. Ia selalu aktif didalam kelas dan memiliki cita-cita sebagai ahli matematika. Sekalipun ia luar biasa pintar, pria kecil berambut merah ikal ini pernah salah membawa peralatan sekolahnya. Cita-citanya terpaksa ditinggalkan agar ia dapat bekerja untuk membiayai kebutuhan hidup keluarganya semenjak ayahnya meninggal. Nama lengkap Lintang adalah Lintang Samudra Basara bin Syahbani Maulana Basara. Secara probadi, banyak temen-temen SD saya dulu yang tidak bisa terkalahkan kecerdasannya, hanya karena keadaan memaksanya sekarang jadi kuli batu di Sungai Konto, yaitu salah satu anak suangai yang hulunya adalah Gunung Kelud.

Sahara

Satu-satunya gadis dalam anggota Laskar Pelangi. Sahara adalah gadis keras kepala berpendirian kuat yang sangat patuh kepada agama. Ia adalah gadis yang ramah dan pandai, ia baik kepada siapa saja kecuali pada A Kiong yang semenjak mereka masuk sekolah sudah ia basahi dengan air dalam termosnya. Nama lengkap Sahara adalah N.A. Sahara Aulia Fadillah binti K.A. Muslim Ramdhani Fadillah

Mahar

Pria tampan bertubuh kurus ini memiliki bakat dan minat besar pada seni. Pertama kali diketahui ketika tanpa sengaja Bu Muslimah menunjuknya untuk bernyanyi di depan kelas saat pelajaran seni suara. Pria yang menyenangi okultisme ini sering dipojokkan teman-temannya. Ketika dewasa, Mahar sempat menganggur menunggu nasib menyapanya karena tak bisa ke manapun lantaran ibunya yang sakit-sakitan. Akan tetapi, nasib baik menyapanya dan ia diajak petinggi untuk membuat dokumentasi permainan anak tradisional setelah membaca artikel yang ia tulis di sebuah majalah, dan akhirnya ia berhasil meluncurkan sebuah novel tentang persahabatan. Kelebihan lain dari mahar adalah bisa mendidik ”Beruk”, dalam waktu singkat sudah dapat dimanfaatkan untuk memetik buah kelapa. Nama lengkap Mahar adalah Mahar Ahlan bin Jumadi ahlan bin Zubair bin Awam.

A Kiong

Anak Hokian. Keturunan Tionghoa ini adalah pengikut sejati Mahar sejak kelas satu. Baginya Mahar adalah suhunya yang agung. Kendatipun pria kecil ini berwajah buruk rupa, ia memiliki rasa persahabatan yang tinggi dan baik hati, serta suka menolong pada siapapun kecuali Sahara. Namun, meski mereka selalu bertengkar, ternyata mereka berdua saling mencintai satu sama lain. Nama terbaru dari A Kiong adalah Muhammad Jundullah Gufron Nur Zaman dan sekarang punya toko kelontong didepan Sinar Harapan dengan nama Sinar Perkasa, A Kiong akhirnya Nikah sama Sahara dan punya pegawai namanya Borek atau Samson yang selalu mengolah ototnya itu.

Syahdan

Anak nelayan yang ceria ini tak pernah menonjol. Kalau ada apa-apa dia pasti yang paling tidak diperhatikan. Misalnya ketika bermain sandiwara, Syahdan hanya kedapatan jadi tukang kipas putri dan itupun masih banyak kesalahannya. Syahdan adalah saksi cinta pertama Ikal, ia dan Ikal bertugas membeli kapur di Toko Sinar Harapan semenjak Ikal jatuh cinta pada A Ling. Syahdan ternyata memiliki cita-cita yang tidak pernah terbayang oleh Laskar Pelangi lainnya yaitu menjadi aktor. Dengan bekerja keras, akhirnya dia menjadi aktor sungguhan, meski hanya mendapatkan peran kecil seperti tuyul atau jin… Setelah bosan, ia pergi dan kursus komputer. Setelah itu ia berhasil menjadi network designer dan sampai sekarang termasuk ekonominya paling mapan. Tapi tetep impiannya selalu dipupuk, yaitu ingin menjadi aktor lagi. Nama lengkap Syahdan adalah Syahdan Noor Aziz bin Syahari Noor Aziz

Kucai

Ketua kelas sepanjang generasi sekolah Laskar Pelangi. Ia menderita rabun jauh karena kurang gizi dan penglihatannya melenceng 20 derajat, sehingga jika ia menatap marah ke arah Borek, maka akan terlihat ia sedang memperhatikan Trapani. Laki-laki ini sejak kecil terlihat bisa menjadi politikus dan akhirnya diwujudkan ketika ia dewasa menjadi ketua fraksi di DPRD Belitong. Nama lengkap Kucai adalah Mukharam Kucai Khairani

Borek

Pria besar maniak otot. Borek selalu menjaga citranya sebagai laki-laki macho. Punya alat ajaib pemmbesar tot yaitu bola tenes yang dibelah jadi dua untuk dijadikan vocum badan dirinya dan juga temen-temannya. Ketika dewasa ia menjadi tim di toko Sinar Perkasa milik A Kiong dan Sahara.

Trapani

Pria tampan yang pandai dan baik hati ini sangat mencintai ibunya. Apapun yang ia lakukan harus selalu didampingi ibunya, seperti misalnya ketika mereka akan tampil sebagai band yang dikomando oleh Mahar, ia tidak mau tampil jika tak ditonton ibunya. Cowok yang bercita-cita menjadi guru ini akhirnya berakhir di rumah sakit jiwa karena ketergantungannya terhadap ibunya Nama lengkap Trapani adalah Trapani Ihsan Jamari bin Zainuddin Ilham Jamari

Harun

Pria yang memerlukan pelayanan pendidikan khusus ini memulai sekolah dasar ketika ia berumur 15 tahun. Laki-laki jenaka ini senantiasa bercerita tentang kucingnya yang berbelang tiga dan melahirkan tiga anak yang masing-masing berbelang tiga pada tanggal tiga kepada Sahara dan senang sekali menanyakan kapan libur lebaran pada Bu Muslimah. Ia menyetor 3 buah botol kecap ketika disuruh mengumpulkan karya seni kelas enam. Nama lengkap Harun adalah Harun Ardhli Ramadhan bin Syamsul Hazana Ramadhan. Dan Harun-lah penyelamat sekolah Muhamadiyah Gantung, sebab kalau harus tidak daftar, sekolah ini harus tutup, dan tidak akan ada kisah Laskar Pelangi, mungkin yang ada Laska Kegagalan.

Tokoh-tokoh Lain

Bu Muslimah

Bernama lengkap N.A. Musimah Hafsari Hamid binti K.A. Abdul Hamid. Dia adalah Ibunda Guru bagi Laskar Pelangi. Wanita lembut ini adalah pengajar pertama Laskar Pelangi dan merupakan guru yang paling berharga bagi mereka.

Pak Harfan

Nama lengkap K.A. Harfan Efendy Noor bin K.A. Fadillah Zein Noor. Kepala sekolah dari sekolah Muhammadiyah. Ia adalah orang yang sangat baik hati dan penyabar meski murid-murid awalnya takut melihatnya. Nasehat yang menggetarkan adalah:”Memberi sebanyak-banyaknya dan bukan menerima sebanyak-banyaknya:”.

Flo

Bernama asli adalah Floriana, seorang anak tomboi yang berasal dari keluarga kaya. Dia merupakan murid pindahan dari sekolah PN yang kaya dan sekaligus tokoh terakhir yang muncul sebagai bagian dari laskar pelangi. Awal pertama kali masuk sekolah, ia sempat membuat kekacauan dengan mengambil alih tempat duduk Trapani sehingga Trapani yang malang terpaksa tergusur. Ia melakukannya dengan alasan ingin duduk di sebelah Mahar dan tak mau didebat.

A Ling

Cinta pertama Ikal yang merupakan saudara sepupu A Kiong. A Ling yang cantik dan tegas ini terpaksa berpisah dengan Ikal karena harus menemani bibinya yang tinggal sendiri. Kelihatannya, Aling sampai sekarang menjadi inspirator Ikal.

Sahabat CyberMQ, 

Kisah laskar pelangi, sangat mengispirasi banyak orang, baik novelnya maupun filmnya. Ini adalah kisah nyata, yang dikemas apik oleh orang yang mengalaminya langsung. Setiap diri kita kalau membaca novelnya atau menonton filmnya, ada banyak hal yang mewakili kehidupan kita. Kalau saya secara pribadi, kisah diatas mewakili hidup sekitar 95 % dengan versi yang sedikit berbeda. Secara jujur saya membaca novel ini berkali-kali kadang menangis, kadang tertawa geli. Khusus filmnya, keluarga kami juga nonton beberapa kali, dengan tujuan untuk mendidik diri sendiri dan juga keluarga kami. Padahal selama ini, keluarga kami tidak hobi baca Novel dan nonton Film.

Berani menghadapi tantangan untuk mendapat inspirasi dari Laskar pelangi, dan hidup menjadi berubah agar mampu memberi sebanyak-banyaknya !!! Atau lebih memilih hidup menyalahkan zaman, padahal zaman itu tidak pernah salah. Bagaimana pendapat Anda ???

Masrukhul Amri: Seorang Knowledge Entrepreneur-pengusaha gagasan, bertempat tinggal di hp. 0812-2329518, Aktivitas sehari-hari sebagai Konsultan Manajemen Stratejik-Alternatif dan Director The Life University; Reengineering Mindsets - Unlocking Potential Power. Spesialis konsultasi alternatif di beberapa perusahaan nasional dan multi nasional MBA-Main Bersama Amri di CyberMQ dan dosen tamu di beberapa perguruan tinggi di Bandung dan luar Bandung. Mottonya adalah mari sama-sama belajar menjadi yang terbaik. Website http://amri.web.id http:/masamri.multiply.com e-mail : amri{at}mq{dot}

comments powered by Disqus

Keajaiban-Keajaiban Dunia Ketika Rasulullah S.A.W Dilahirkan

Kelahiran Nabi Muhammad s.a.w. pada 12 Rabiulawal, Tahun Gajah di Mekah al-Mukarramah sebagai pembuka rahmat di pelosok alam semesta. Kelahiran baginda menjadi seribu satu tanda bahwa baginda akan menjadi utusan terakhir dala

connect with abatasa