Or signin with Logo Abatasa
Forgot password?
Belum Jadi Member
Daftar Sekarang

Kolom»Kang Dudung »Suami Idaman Istri

Suami Idaman Istri

Untuk mewujudkan tatanan Rumah Tangga yang harmonis, tentram dan penuh kasih sayang, maka diperlukan pasutri yang memahami hak dan kewajiban masing-masing. Seorang suami yang Sholih

Kamis, 01 Mei 2014

Untuk mewujudkan tatanan Rumah Tangga yang harmonis, tentram dan penuh kasih sayang, maka diperlukan pasutri yang memahami hak dan kewajiban masing-masing. Seorang suami yang Sholih harus mengetahui kewajiban dirinya kepada istrinya serta hak istri yang harus dipenuhinya.

Maka, diantara hal-hal yang perlu diperhatikan oleh seorang suami yang SHALIH, sbb:

  1. Bertaqwa kepada Allah dalam bermuamalah/bergaul dan memperlakukan istrinya. Karena istri adalah amanah yang akan dipertanyakan oleh Allah Ta`ala pada hari Kiamat. Rasulullah bersabda [yang artinya]: “Perlakukanlah wanita2 itu dengan baik.” (Muttafaq ‘alaih)
  2. Sorang suami Sholih memiliki perangai dan tabiat yg mulia. TIDAK suka mencaci, menjelek-jelekan dan mendiamkan istrinya jika ada masalah. Nabi bersabda [yang artinya]:
  3. “Janganlah seorang mukmin membenci seorang mukminah, jika ia tidak menyukai suatu perangainya, maka ia akan menyukai perangai yang lain dari dirinya.”(HR.Muslim)
  4. Berlaku baik dan sabar dalam bermuamalah/bergaul dengan istrinya dan tidak berbuat zhalim.
  5. Memilik kecemburuan terhadap istrinya dan tidak berlebihan.
  6. Bijaksana dalam menyikapi dan kekeliruan istrinya jika istrinya melakukan kemaksaiatan/kemungkaran
  7. Memberikan nafkah yang baik dan layak, dan bersikap pertengahan (Lihat. QS. Al-Isra`: 29) Nabi pernah ditanya tentang hak istri atas suaminya. Beliau menjawab [yang artinya]: “Kamu memberi makan kepadanya, jika kamu makan dan kamu memberi pakaian untuknya jika kamu memakai pakaian. Dan jaganlah kamu memukul wajah, menjelekannya dan jangan pula mendiamkannya kecuali di dalam rumah.” (HR. Abu Dawud dan Ahmad)
  8. Mengetahui fikih (hukum Islam) seputar kewanitaan dan mengajarkannya kepada istrinya jika ia belum mengetahuinya.
  9. Menjauhkan diri dari menyebarluaskan rahasia-rahasia hubungan pasutri. Nabi bersabda [yang artinya]: “Sesungguhnya diantara manusia yang paling buruk kedudukannya di sisi Allah pada hari Kiamat adalah seorang suami yang menggauli istrinya dan istrinya menggaulinya, lalu ia sebarkan rahasia istrinya.” (HR. Muslim)

Inilah diantara hal-hal yg perlu dimiliki oleh seorang suami. Semoga bermanfaat. Wallaahu a`lam.

@DakwahAlSofwa

comments powered by Disqus

Rendah Hati, Bukan Rendah Diri

Rendah hati artinya sifat bijak yang melekat pada sesorang, memposisikan dirinya dengan orang lain sama, merasa tidak lebih baik, tidak lebih mahir,tidak lebih pintar, tidak juga lebih mulia.

connect with abatasa